Data Perdagangan Pasar Saham Masih Positif

Jakarta: Pada pekan terakhir di November, setelah keberhasilan implementasi percepatan penyelesaian tansaksi bursa menjadi T+2, data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) menorehkan catatan yang positif. Selama sepekan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatatkan kenaikan 0,83 persen ke level 6.056 dari 6.006 pada pekan sebelumnya.

Mengutip keterangan resmi BEI, di Jakarta, Sabtu, 1 Desember 2018, seiring dengan peningkatan IHSG, nilai kapitalisasi bursa selama sepekan juga menguat sebanyak 0,91 persen menjadi sebesar Rp6.858,37 triliun dibandingkan dengan Rp6.796,32 triliun pada penutupan pekan sebelumnya.

Sementara itu, data perdagangan harian ditutup positif pada penutupan perdagangan pekan ini. Untuk rata-rata nilai transaksi harian BEI selama sepekan naik paling signifikan di antara data perdagangan harian lainnya yaitu sebesar 53,68 persen menjadi Rp11,24 triliun dibandingkan dengan Rp7,31 triliun pada penutupan pekan sebelumnya.

Kemudian rata-rata volume transaksi harian BEI mengalami peningkatan sebesar 23,47 persen menjadi 11,56 miliar unit saham dibandingkan dengan 9,37 miliar unit saham dari pekan lalu dan untuk rata-rata frekuensi transaksi harian BEI naik sebanyak 14,44 persen menjadi 449,60 ribu kali transaksi dari 392,87 ribu kali transaksi dari pekan lalu.

“Investor asing mencatatkan jual bersih sebesar Rp593 miliar di sepanjang pekan ini dan investor asing sepanjang 2018 telah mencatatkan jual bersih mencapai Rp45,58 triliun,” ungkap keterangan resmi BEI tersebut.

Seremoni pembukaan perdagangan BEI pada awal pekan ini, yaitu pada Senin 26 November dibuka oleh Direksi SRO dalam rangka peluncuran percepatan penyelesian transaksi bursa dari T+3 menjadi T+2. Penerapan T+2 dapat memberikan manfaat bagi Industri di antaranya peningkatan efisiensi proses penyelesaian, dan penyelarasan waktu penyelesaian dengan bursa dunia.

Kemudian pada Kamis 29 November pembukaan perdagangan di BEI dilakukan dalam rangka syukuran atas keberhasilan implementasi transaksi bursa T+2 yang dilanjutkan dengan konferensi pers atas keberhasilan pelaksanaan implementasi penyelesaian transaksi bursa T+2.

Pada akhir pekan, Jumat 30 November dibuka oleh Ketua Umum Perkumpulan Profesi Pasar Modal Indonesia (PROPAMI) dalam rangka Wisuda Sertifikasi Certified Risk Profesional (CRP), Certified Security Analyst (CSA), danCertified Investment Banking (CIB).

(ABD)