Jadi Emiten ke-40, Saham KPAS Melesat

Ilustrasi. (FOTO: MI/Rommy Pujianto)

Jakarta: PT Cottonindo Ariesta Tbk secara resmi mencatatkan saham perdana melalui skema Initial Public Offering (IPO) dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan kode emiten KPAS, Cottonindo Ariesta jadi perusahaan ke-40 yang mencatatkan saham perdana di bursa dan jadi emiten ke-603 sepanjang bursa efek berdiri.

Saat perdagangan awal, di Gedung BEI, Jakarta, Jumat, 5 Oktober 2018, saham KPAS melejit 69 persen ke Rp284 per saham atau naik 116 poin dari pencatatan perdana dibuka di harga Rp168 per saham.

Pada posisi tersebut saham KPAS diperdagangkan sebanyak satu kali frekuensi dengan volume satu lot saham dan menghasilkan nilai sebesar Rp28.400.

KPAS merupakan perusahaan di bidang industri farmasi melepas sebanyak 268 juta lembar saham dengan harga Rp168, sedangkan dana yang bakal diraup senilai Rp45,024 miliar.

Cottonindo juga akan menerbitkan 67 juta waran seri I bersama dengan saham baru sebesar 13,40 persen dari total modal yang ditempatkan dan disetor. Waran seri I ini diberikan kepada pemegang saham secara gratis sebagai insentif bagi para pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada Tanggal Penjatahan.

Harga penawaran surat perintah I adalah Rp260 dengan nilai total Rp17,42 miliar. Sekitar 75 persen dari hasil IPO akan digunakan untuk memperoleh tanah dan sisanya 25 persen untuk belanja modal.

(AHL)