Sempat Tidak Dicolek Investor, Saham SAPX Naik 49,6%

Pencatatan saham Satria Antaran Prima di BEI. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Jakarta: Proses pencatatan perdana saham pagi ini tidak seperti biasanya. Pasalnya saham PT Satria Antaran Prima Tbk yang baru melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama beberapa saat sempat tidak dicolek investor.

PT Satria Antaran Prima Tbk hari ini menjadi perusahaan ke-38 yang tercatat di 2018. Berkode SAPX, perusahaan melepas saham sebanyak 433,33 juta saham ke publik dengan harga penawaran Rp250 per saham.

Namun ketika dicatatkan pertama kali saham perusahaan ini tidak bergerak. Artinya, tidak ada transaksi saat pertama kali resmi dicatatkan.

Setelah tiga menit, baru saham perusahaan melonjak 49,6 persen atau menguat Rp174 dari harga penawaran umum Rp250 menjadi Rp374. Pada level itu saham SAPX telah ditransaksikan sebanyak satu lot dalam satu kali frekuensi transaksi dengan nilai Rp37.400.

Lantai bursa sempat hening beberapa saat melihat tidak ada pergerakan saham tersebut, namun Presiden Direktur Satria Antaran Prima Budianto Darmastono tetap optimistis sahamnya akan diminati investor.

“Animo pemesanan sangat tinggi. Jumlah pemesanan saham mencatatkan tiga kali lipat dari dana yang kami himpun dari IPO,” kata Budianto, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu, 3 Oktober 2018.

Perusahaan menargetkan dari aksi korporasi ini dana yang dihimpun bisa mencapai sebanyak Rp108,3 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk pelunasan utang obligasi yang telah diterbitkan pada November 2016 dan sisanya akan digunakan sebagai modal kerja.

Sementara itu, Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan dengan terus bertambahnya perusahaan tercatat akan memberikan pilihan bagi investor untuk berinvestasi.

“Kami berharap dengan tercatatnya Satria Antaran Prima┬ádapat memberikan tambahan pilihan investasi untuk investor kita,” pungkas Nyoman.

(AHL)