Danareksa: Pergerakan IHSG Positif di Setiap Pesta Demokrasi

Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: PT Danareksa (Persero) menilai sektor industri pasar modal masih bergeliat di tahun depan. Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun akan dipengaruhi kondisi perpolitikan di 2019.

Kata Head of Research and Strategy PT Danareksa Sekuritas Helmy Kristanto, gerak IHSG di tahun depan dipengaruhi oleh penyelenggaraan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif.

“Pergerakan IHSG juga selalu punya arah pergerakan di setiap pesta demokrasi,” kata Helmy dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 19 September 2018.

Helmy berharap pesta demokrasi tahun depan berjalan lancar dan damai. Hal tersebut penting bagi stabilitas investasi di Indonesia karena mampu membangun kepercayaan para investor. 

Oleh karena itu, Danareksa Sekuritas meminta pemerintah untuk menerapkan kebijakan untuk mendukung dan menjaga perekonomian negeri.

“Pemerintah juga akan memprioritaskan kebijakan populis, terutama meningkatkan konsumsi, termasuk belanja sosial dan subsidi,”jelas dia.

Lebih lanjut, Helmy mengungkapkan sektor yang menjadi perhatian pada tahun depan adalah otomotif, perbankan, tambang batu bara, konsumer, perkebunan, ritel, konstruksi, dan telekomunikasi. “Pertumbuhan sektor-sektor tersebut juga akan dipengaruhi sentimen ekonomi global dan dalam negeri,” pungkas dia.

(HUS)